Anggaran Dasar Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah (KAUM) Mataram

ANGGARAN DASAR

KELUARGA ALUMNI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH (KAUM) MATARAM

PEMBUKAAN

 

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta terjadinya restorasi pada ranah sosial, politik, dan kependidikan. Tentunya mendorong semua anak bangsa untuk mampu eksis dalam persaingan yang multi dimensional kini dan mendatang. Persaingan yang membutuhkan kesamaptaan antara nilai dan sikap, pendidikan dan teknologi, spiritualitas dan kemanusiaan, sosial dan personal, dan semua dimensi yang terkait dengan tantangan di abad 21.

Fakta tersebut mengharuskan kita untuk mampu bertahan dalam persaingan tersebut atau kalau tidak, maka kita akan terkapar karena ketidak mampuan kita dalam beradaptasi dengan konteks sosial dimaksud. Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau kita sudah berada di abad yang sangat kompleks kompetisinya, sehingga membutuhkan energi dan kemampuan kita untuk tanggap pada berbagai tantangan sekaligus memanfaatkan peluang yang ada.

Salah satu dimensi yang tengah bersaing dengan pesat adalah dunia pendidikan termasuk Pendidikan Tinggi. Dalam era persaingan global ini, dunia pendidikan tinggi dituntut untuk berperan secara aktif dan konstruktif melahirkan insan akademis yang berguna bagi dirinya, masyarakat, dan negara sesuai paradigma in put, process, out put, dan out come. Pernyataan yang cukup ironis disampaikan oleh Bapak Fasli Jalal dalam sebuah pertemuan dengan para Rektor di seluruh Indonesia tahun 2007 adalah “semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin rendah tingkat kemandiriannya”.

Dalam rangka menghadapi tantangan pendidikan global dan untuk mengantisipasi terjadinya kesenjangan generasi tersebut, Universitas Muhammadiyah Mataram telah membentuk suatu wadah yang menghimpun para alumninya untuk bisa bersinergi dengan Universitas Muhammadiyah Mataram dalam memberdayakan para alumni yang tersebar di wilayahnya masing-masing.

Wadah yang dimaksud adalah KAUM Mataram sebagai sarana keikutsertaan Alumni dalam membina kehidupan kampus sehingga Almamater dapat melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan baik.

Atas dasar kesadaran dan tanggung jawab moral yang tinggi terhadap kelangsungan hidup dan rasa solidaritas, kesetiakawanan, kerukunan, kekeluargaan, kebersamaan, kesatuan, dan persatuan yang tertanam sejak lahir, maka dengan rahmat, karunia, taufiq, dan hidayah Allah SWT. Kami yang merupakan representasi segenap alumni Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ini telah melakukan restrukturisasi organisasi “Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah” tertanggal, 05 perbruari 2010 dengan “Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *