LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR
Nomor: /KEP/II.3.AU/A/2014
TENTANG
SASARAN MUTU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
TAHUN 2013-2018
No | Uraian | Sasaran mutu th. 2018 |
A. Kelembagaan | ||
1 | Nilai akreditasi program studi B | 90% |
2 | Akreditasi institusi | B |
3 | Akreditasi laboratorium | 1 |
4 | Pembukaan prodi baru | 5 |
5 | Peringkat kampus unggul kopertis wilayah VIII | 3 |
6 | Persentase nilai kinerja program studi/fakultas/biro/lembaga /upt | 90% |
7 | Indeks kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan SDM dengan minimal nilai puas | 75% |
8 | Audit independen eksternal oleh akuntan publik | 75 % |
B. Kurikulum | ||
9 | Dokumen kurikulum ditinjau selama minimal 4 tahun sekali untuk S-1 dan sesuai dengan KKNI dan 3 tahun sekali untuk D3 | 75 % |
10 | Prosesntase minimal jumlah dokumen RPS dan RPM terhadap jumlah mata kuliah | 75% |
11 | Prosentase minimal jumlah bahan ajar dibandingkan dengan mata kuliah | 75 % |
12 | Efektifitas pelaksanaan kurikulum minimal standar baik | 80% |
C. Proses Pembelajaran | ||
13 | Rata-rata pertemuan dalam PBM setiap semester di program studi (minimal 14 kali) | 90% |
14 | Rata-rata tingkat kehadiran mahasiswa setiap mata kuliah | 90% |
15 | Rata-rata IP dan IPK mahasiswa setiap semester dan menjelang kelulusan ≥3,00 | 50% |
16 | Rasio mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik | 1:33 |
17 | Rata-rata lama penyelesaian tugas akahir ≤ 1 tahun | 75% |
18 | Rata-rata jumlah pertembuan bimbingan mahasiswa oleh dosen PA ≥ 4 kali | 75% |
19 | Kemampuan dosen mengaplikasikan IT | 80 % |
20 | Bahasa pengantar mata kuliah dengan bahasa Indonesia | 100% |
21 | Jumlah kegiatan kuliah pakar/tamu pada masing-masing program studi | 50% |
D. Sumber Daya Manusia | ||
22 | Rasion dosen tetap dengan mahasiswa | 1:36 |
23 | Prosentase minimal jumlah guru besar | 1% |
24 | Prosentase jumlah dosen tetap dengan golongan lektor kepala | 35% |
25 | Prosentase jumlah dosen tetap dengan golongan lektor | 60% |
26 | Prosentase minimal jumlah dosen tetap dengan gelar doctor | 25% |
27 | Persentase minimal dari jumlah dosen tetap dengan pendidikan Magister (S2) dengan total jumlah dosen tetap | 100% |
28 | Dosen yang bersertifikasi pendidik | 60% |
20 | Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti Pekerti | 40% |
30 | Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti AA | 40% |
31 | Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti SCL | 60% |
32 | Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti
e-learning |
75% |
33 | Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti
pelatihan penulisan buku ajar |
60% |
34 | Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti
pelatihan pengembangan media pembelajaran |
60% |
35 | Persentase jumlah dosen tidak tetap dengan keseluruhan dosen | 5 % |
36 | Partisipasi dosen dalam kegiatan seminar maksimal 4 kali dalam setahun | 50% |
37 | Persentase indeks kinerja dosen minimal nilainya baik | 80% |
38 | Persentase indeks kinerja tenaga kependidikan minimal nilainya Baik | 80% |
39 | Jumlah tenaga kependidikan dengan minimal pendidikan D3/S1 per program studi | 75% |
40 | Jumlah laboran setiap jenis laboratorium di program studi | 100% |
41 | Jumlah minimal pustakawan dengan pendidikan D3/S1 | 100% |
42 | Persentase minimal dari jumlah tenaga kependidikan yang
berpendidikan S1 terhadap total tenaga kependidikan |
75% |
E. Mahasiswa dan Lulusan | ||
43 | Minimal jumlah propinsi asal mahasiswa di Program Studi | 5 |
44 | Persentase IPK Lulusan:
Diploma/Sarjana (> 3,00) Pascasarjana (>3,50)
|
20 % |
45 | Masa Studi Lulusan:
Diploma 3 (3 tahun) Strata 1 (4 tahun) |
50 % 75% |
46 | Persentase masa tunggu lulusan < 6 bulan | 40% |
47 | Persentase mahasiswa DO atau mengundurkan diri | 5 % |
48 | Persentase angka efisiensi edukasi (AEE) | 100% |
49 | Persentase lulusan yang memiliki TOEFL minimal 450 non Bahasa Inggris dan 500 Bahasa Inggris | 25% |
50 | Persentase lulusan yang memiliki kemampuan AIK dengan nilai baik | 90% |
51 | Persentase lulusan yang memiliki jiwa entrepeneur dengan nilai baik | 25% |
52 | Persentase minimal dari mahasiswa yang aktif di UKM terhadap total jumlah mahasiswa | 25% |
53 | Persentase minimal jumlah mahasiswa yang terlibat/aktif dalam penelitian dosen | 5% |
54 | Persentase minimal jumlah mahasiswa asing yang sedang studi di program studi | 1% |
55 | Rata-rata jumlah mahasiswa program studi | 350 |
56 | Jumlah keseluruhan mahasiswa | 10000 |
57 | Jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional | 2% |
58 | Jumlah prestasi mahasiswa tingkat internasonal | 1 % |
59 | Jumlah prestasi mahasiswa tingkat provinsi/wilayah | 1% |
60 | Tingkat keketatan mahasiswa baru | 85% |
61 | Jumlah mahasiswa baru | 1000 |
F. Sarana dan Prasarana | ||
62 | Persentase minimal ruang kelas dengan perlengkapan LCD
proyektor |
100% |
63 | Persentase minimal ruang kelas dengan yang sudah dilengkapi AC | 100% |
64 | Peralatan utama praktikum bagi mahasiswa yang terpenuhi untuk setiap program studi | 80% |
65 | Luas ruang praktikum (2 m2 per mahasiswa) | 75% |
66 | Jumlah ruang kelas yang memiliki standar ukuran 2 m2
Per mahasiswa |
100% |
67 | Jumlah ruang dosen yang memiliki standar ukuran 4 m2 per dosen | 45% |
68 | Jumlah ruang kerja tenaga kependidikan yang memiliki standar 4 m2 per tenaga kependidikan | 75% |
69 | Ketersediaan fasilitas umum (taman, fasilitas UKM, dll.) | 100% |
70 | Ketersediaan keluasan ruang seminar dan rapat | 100% |
71 | Persentase minimal dari ketersediaan fasilitas bagi kaum difabel terhadap kebutuhan | 15% |
72 | Persentase minimal dari ketersediaan alat pemadam ringan (APAR) terhadap kebutuhan | 25% |
73 | Ketersediaan fasilitas internet dan Wi-Fi di lingkungan program studi | 100% |
74 | Jumlah minimal koleksi judul buku teks/ajar per program studi | 500 |
75 | Jumlah minimal judul koleksi jurnal terakreditasi per program studi | 21 |
76 | Jumlah minimal judul koleksi jurnal internasional per program studi | 21 |
G. Suasana Akademik | ||
77 | Persentase minimal jumlah kegiatan penelitian yang melibatkan mahasiswa dengan total kegiatan penelitian dosen | 5 % |
78 | Jumlah minimal kegiatan seminar ilmiah yang diselenggarakan dosen setiap tahunnya | 40% |
79 | Jumlah minimal kegiatan seminar ilmiah yang diselenggarakan mahasiswa dalam setiap tahunnya | 21 |
80 | Jumlah publikasi ilmiah yang melibatkan mahasiswa sebagai
penulis utama atau anggota dalam setahun |
25 |
81 | Jumlah minimal kegiatan lokakarya, workshop, dan bedah buku yang diselenggarakan mahasiswa dalam setiap tahunnya | 5 |
H. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat | ||
82 | Persentase jumlah penelitian dosen dari jumlah total dosen | 75% |
83 | Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam tingkat jurnal internasional | 25 |
84 | Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam tingkat jurnal nasional | 50 |
85 | Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam jurnal tidak terakreditasi | 50 |
86 | Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam bentuk buku ajar/sejenisnya | 100 |
87 | Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam seminar internasional/ proceeding | 10 |
88 | Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam seminar nasional/proceeding | 15 |
89 | Jumlah minimal pengabdian masyarakat dosen/mahasiswa setiap tahun | 50 |
90 | Karya dosen yang mendapatkan HAKI | 5 |
91 | Karya dosen yang disitasi oleh lembaga sitasi (scopus) dan lainnya | 5 |
92 | Jumlah dana penelitian per dosen per tahun (dalam juta) | 5 |
93 | Jumlah dana pengabdian masyarakat per dosen per tahun (dalam juta) | 2,5 |
I. Sistem Informasi | ||
94 | Fasilitas e-learning | 75% |
95 | Fasilitas digital library | 75% |
96 | Kapasitas internet per mahasiswa (dalam satuan bandwith) | 75% |
97 | Ketersediaan sistem informasi administrasi akademik dan umum | 100% |
98 | Ketersediaan sistem informasi sarana prasarana (aset) | 100% |
99 | Ketersediaan sistem informasi kepegawaian | 100% |
100 | Ketersediaan sistem informasi keuangan | 100% |
101 | Ketersediaan online system (LAN) | 100% |
102 | Ketersediaan Online Journal Sistem (OJS) | 23 |
Kerjasama Dalam dan Luar Negeri | ||
103 | Jumlah kerja sama dalam negeri | 100 |
104 | Jumlah kerja sama luar negeri | 10 |
Ditetapkan di : Mataram
Pada tanggal : 17 Shafar 1436
10 Desember 2013
Rektor,
Drs. Mustamin H. Idris, MS