Instrumen Monitoring dan Evaluasi Internal Pelaksanaan Kurikulum

BADAN PENJAMINAN MUTU AKADEMIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Instrumen Monitoring dan Evaluasi Internal

Pelaksanaan Kurikulum

Nama Dosen                        : ______________________________________

Nama Mata Kuliah              : ______________________________________

Jumlah Mahasiswa            : ______________________________________

Prog. Studi/Fakultas          : ______________________________________

Ruang Kuliah                      : Ruang ___________ (Lab/ruang regular)  (v)

 

Petunjuk

Beri tanda lingkaran (O) pada salah satu angka/skor sesuai penilaian saudara

No Aspek Penilaian Skor
Persiapan Pembelajaran
1. Menyampaikan garis besar rencana perkuliahan (silabus/hand out/ RPP/SAP) 1 2 3 4 Ket
2. Membuat kesepakatan kontrak perkuliahan/rencana pembelajaran dengan mahasiswa 1 2 3 4  
3. Indicator keberhasilan perkuliahan disampaikan dengan jelas 1 2 3 4  
4. Mendorong setiap mahasiswa untuk mencapai tujuan sesuai dengan Kemampuan dan kondisi masing-masing mahasiswa 1 2 3 4  
5. Dosen memulai pembelajaran tepat waktu 1 2 3 4  
Proses pembelajaran
6. Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan 1 2 3 4  
7. Menguasai substansi mata kuliah 1 2 3 4  
  Materi pembelajaran di up date sesuai dengan perkembangan mutakhir 1 2 3 4  
  Materi pembelajaran bersifat kontekstual 1 2 3 4  
  Menggunakan metode pembelajaran bervariasi 1 2 3 4  
  Menggunakan media pembelajaran bervariasi 1 2 3 4  
  Mampu mengelola pembelajaran berbasis IT 1 2 3 4  
  Mendorong setiap mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran 1 2 3 4  
  Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya 1 2 3 4  
  Tanggapan dosen merangsang mahasiswa untuk berpikir kreatif 1 2 3 4  
  Memberi tugas kepada mahasiswa sesuai dengan tujuan dan materi perkuliahan 1 2 3 4  
  Mampu berkomunikasi secara efektif dengan mahasiswa 1 2 3 4  
  Sumber belajar (buku teks, referensi, jurnal, dll) untuk mata kuliah tersebut mudah didapat 1 2 3 4  
Evaluasi/Penilaian Pembelajaran
  Pengembalian tugas/ujian mahasiswa disertai dengan umpan balik untuk pengembangan lebih lanjut 1 2 3 4  
  Aspek yang dinilai sesuai dengan tujuan dan indicator yang akan dicapai oleh mahasiswa 1 2 3 4  
  Evaluasi menggunakan berbagai cara dan alat penilaian 1 2 3 4  
  Evaluasi dilakukan secara terus-menerus 1 2 3 4  
Kepribadian dan Sosial Dosen
  Mampu menjadi suri tauladan dan bertindak arif bijaksana 1 2 3 4  
  Penampilan berwibawa 1 2 3 4  
  Mampu bersosialisasi secara efektif dengan mahasiswa 1 2 3 4  
  Berlaku adil 1 2 3 4  
  Jumlah          

 

Keterangan:

  • = kurang
  • = cukup
  • = baik
  • = sangat baik

Skor minimal           = 26

Skor maksimal        = 104

 

 

Interval penilaian masing-masing item:

  1. Persiapan
  2. kurang = 5 – 8
  3. cukup = 9 – 12
  4. baik = 13 – 16
  5. sangat baik = 17 – 20

 

  1. Proses pembelajaran
  2. kurang = 13 – 22
  3. cukup = 23 – 32
  4. baik = 33 – 42
  5. sangat baik = 43 – 52

 

  • Evaluasi
  1. kurang = 4 – 6
  2. cukup = 7 – 9
  3. baik = 10 – 12
  4. sangat baik = 13 – 16

 

  1. Kerpibadian dan sosial
  2. kurang = 4 – 6
  3. cukup = 7 – 9
  4. baik = 10 – 12
  5. sangat baik = 13 – 16

 

Rekapitulasi I + II + III + IV

  1. kurang = 26 – 45
  2. cukup = 46 – 65
  3. baik = 66 – 85
  4. sangat baik = 86 – 104

 Download Instrumen evaluasi pelaksanaan kurikulum