BADAN PENJAMINAN MUTU AKADEMIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
Instrumen Monitoring dan Evaluasi Internal
Pelaksanaan Kurikulum
Nama Dosen : ______________________________________
Nama Mata Kuliah : ______________________________________
Jumlah Mahasiswa : ______________________________________
Prog. Studi/Fakultas : ______________________________________
Ruang Kuliah : Ruang ___________ (Lab/ruang regular) (v)
Petunjuk
Beri tanda lingkaran (O) pada salah satu angka/skor sesuai penilaian saudara
No | Aspek Penilaian | Skor | ||||
Persiapan Pembelajaran | ||||||
1. | Menyampaikan garis besar rencana perkuliahan (silabus/hand out/ RPP/SAP) | 1 | 2 | 3 | 4 | Ket |
2. | Membuat kesepakatan kontrak perkuliahan/rencana pembelajaran dengan mahasiswa | 1 | 2 | 3 | 4 | |
3. | Indicator keberhasilan perkuliahan disampaikan dengan jelas | 1 | 2 | 3 | 4 | |
4. | Mendorong setiap mahasiswa untuk mencapai tujuan sesuai dengan Kemampuan dan kondisi masing-masing mahasiswa | 1 | 2 | 3 | 4 | |
5. | Dosen memulai pembelajaran tepat waktu | 1 | 2 | 3 | 4 | |
Proses pembelajaran | ||||||
6. | Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan | 1 | 2 | 3 | 4 | |
7. | Menguasai substansi mata kuliah | 1 | 2 | 3 | 4 | |
Materi pembelajaran di up date sesuai dengan perkembangan mutakhir | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Materi pembelajaran bersifat kontekstual | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Menggunakan metode pembelajaran bervariasi | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Menggunakan media pembelajaran bervariasi | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Mampu mengelola pembelajaran berbasis IT | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Mendorong setiap mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Tanggapan dosen merangsang mahasiswa untuk berpikir kreatif | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Memberi tugas kepada mahasiswa sesuai dengan tujuan dan materi perkuliahan | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan mahasiswa | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Sumber belajar (buku teks, referensi, jurnal, dll) untuk mata kuliah tersebut mudah didapat | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Evaluasi/Penilaian Pembelajaran | ||||||
Pengembalian tugas/ujian mahasiswa disertai dengan umpan balik untuk pengembangan lebih lanjut | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Aspek yang dinilai sesuai dengan tujuan dan indicator yang akan dicapai oleh mahasiswa | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Evaluasi menggunakan berbagai cara dan alat penilaian | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Evaluasi dilakukan secara terus-menerus | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Kepribadian dan Sosial Dosen | ||||||
Mampu menjadi suri tauladan dan bertindak arif bijaksana | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Penampilan berwibawa | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Mampu bersosialisasi secara efektif dengan mahasiswa | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Berlaku adil | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Jumlah |
Keterangan:
- = kurang
- = cukup
- = baik
- = sangat baik
Skor minimal = 26
Skor maksimal = 104
Interval penilaian masing-masing item:
- Persiapan
- kurang = 5 – 8
- cukup = 9 – 12
- baik = 13 – 16
- sangat baik = 17 – 20
- Proses pembelajaran
- kurang = 13 – 22
- cukup = 23 – 32
- baik = 33 – 42
- sangat baik = 43 – 52
- Evaluasi
- kurang = 4 – 6
- cukup = 7 – 9
- baik = 10 – 12
- sangat baik = 13 – 16
- Kerpibadian dan sosial
- kurang = 4 – 6
- cukup = 7 – 9
- baik = 10 – 12
- sangat baik = 13 – 16
Rekapitulasi I + II + III + IV
- kurang = 26 – 45
- cukup = 46 – 65
- baik = 66 – 85
- sangat baik = 86 – 104