Sejarah

  1. Sejarah Singkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan  Universitas Muhammadiyah Mataram (selanjutnya disingkat FKIP UM. Mataram) adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mewujudkan tanggung jawab dalam kerangka peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang bercirikan keimanan dan ketaqwaan Kepada Allah SWT, berbudi pekerti Luhur, berdisiplin, mandiri dan terampil.

 

Secara organisatoris, FKIP UM. Mataram adalah lembaga pendidikan yang terintegrasi dengan Universitas Muhammadiyah Mataram, dimana lembaga ini adalah bagian dari amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah yang bertujuan menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam, sehingga terwujud masyarakat utama yang adil dan makmur dalam keadilan serta diridhoi Allah SWT.

 

Proses sejarah kelahiran FKIP UM. Mataram tidak dapat dipisahkan dengan kelahiran Universitas Muhammadiyah Mataram yang didirikan pada tanggal 25 Juni 1980. Dimana pengelolaannya dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB, Majelis Pendidikan, Pengajaran, dan kebudayaan dan selanjutnya pembinaan dilakukan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah sesuai dengan Akte Notaris nomor 355 tanggal 21 Oktober 1981 dan disesuaikan dengan Akte Notaris Nomor 16  tanggal 8 Agustus 1986.

 

Dalam periode selanjutnya, FKIP UM Mataram  mendapat status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 10 Mei 1982 Nomor : 0170/0/1982. Selanjutnya semua Program Studi yang ada di FKIP diberikan ijin Penyelenggaraan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, dengan ijin tersebut, secara otomatis FKIP UM.Mataram berhak menyelenggarakan pendidikan tinggi secara legal.

 

Sekarang FKIP UM Mataram masih terus melakukan pembenahan  diri menyongsong  tantangan  kedepan yang lebih menantang dan lebih berkualitas. Salah satu yang sedang diupayakan adalah akan membuka program Pascasarjana setelah persyaratan minimal terpenuhi.

 

Dekan FKIP UM Mataram sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :

 

  • H.Mansyur Ismail (alm)
  • H. Suraba, M.Sc
  • Cedin Atmaja
  • H.Kamaluddin H.Ahmad, S.H. M.Pd
  • Akhmad H.Mus, M.Hum
  • Darmansyah, M.Si
  • Zaini Bidaya, S.H.,M.H.
  • Achmad Djunaidi
  • Suwardie AH, S.H.,M.P.A
  • Syafril, S.Pd.,M.Pd (sekarang)

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram  senantiasa mencoba untuk meningkatkan diri dalam rangka menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan penyediaan tenaga kerja bidang pendidikan dan kependidikan. Pembaharuan teknologi pendidikan menjadi salah satu program utama FKIP UM Mataram bagi tersedianya tenaga kependidikan dan tenaga pendidik yang profesional, sebagai bukti nyata kesungguhannya. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan terus menerus secara bertahap dan berencana sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan kualitas tenaga pengajar (dosen) dengan cara memberikesempatan untuk mengikuti studi lanjut ke jenjang S2 dan S3 di perguruan tinggi terkemuka dalam dan luar negeri.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi buku-buku perpustakaan fakultas sebagai salah satu sumber belajar, berikut teknologi perpustakaannya.
  3. Meningkatkan kuantitas kegiatan ilmiah, serta penyebarannya melalui majalah ilmiah dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan perkuliahan dalam menunjang pengembangan profesional out come FKIP UM Mataram di tengah masyarakat.
  5. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan administrasi, baik administrasi umum, administrasi akademik, administrasi keuangan, maupun administrasi perencanaan dan sistem informasi secara terpadu, dalam menunjang efektivitas dan efesiensi.
  6. Meningkatkan kualitas silaturrahim dengan para alumni FKIP UM Mataram.
  7. dalam rangka membangun jaringan komunikasi yang lebih mantap, kaitannya dengan pengembangan FKIP UM Mataram dimasa yang akan datang