Standar Mutu

LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR

Nomor:      /KEP/II.3.AU/A/2014

TENTANG

SASARAN MUTU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

TAHUN 2013-2018

 

No Uraian Sasaran mutu th. 2018
A.     Kelembagaan
1 Nilai akreditasi program studi B 90%
2 Akreditasi institusi B
3 Akreditasi laboratorium 1
4 Pembukaan prodi baru 5
5 Peringkat kampus unggul kopertis wilayah VIII 3
6 Persentase nilai kinerja program studi/fakultas/biro/lembaga /upt 90%
7 Indeks kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan SDM dengan minimal nilai puas 75%
8 Audit independen eksternal oleh akuntan publik 75 %
B.     Kurikulum
9 Dokumen kurikulum ditinjau selama minimal 4 tahun sekali untuk S-1 dan sesuai dengan KKNI dan 3 tahun sekali untuk D3 75 %
10 Prosesntase minimal jumlah dokumen RPS dan RPM terhadap jumlah mata kuliah 75%
11 Prosentase minimal jumlah bahan ajar dibandingkan dengan mata kuliah 75 %
12 Efektifitas pelaksanaan kurikulum minimal standar baik 80%
C.     Proses Pembelajaran
13 Rata-rata pertemuan dalam PBM setiap semester di program studi (minimal 14 kali) 90%
14 Rata-rata tingkat kehadiran mahasiswa setiap mata kuliah 90%
15 Rata-rata IP dan IPK mahasiswa setiap semester dan menjelang kelulusan ≥3,00 50%
16 Rasio mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik 1:33
17 Rata-rata lama penyelesaian tugas akahir ≤ 1 tahun 75%
18 Rata-rata jumlah pertembuan bimbingan mahasiswa oleh dosen PA ≥ 4 kali 75%
19 Kemampuan dosen mengaplikasikan IT 80 %
20 Bahasa pengantar mata kuliah dengan bahasa Indonesia 100%
21 Jumlah kegiatan kuliah pakar/tamu pada masing-masing program studi 50%
D.    Sumber Daya Manusia
22 Rasion dosen tetap dengan mahasiswa 1:36
23 Prosentase minimal jumlah guru besar 1%
24 Prosentase jumlah dosen tetap dengan golongan lektor kepala 35%
25 Prosentase jumlah dosen tetap dengan golongan lektor 60%
26 Prosentase minimal jumlah dosen tetap dengan gelar doctor 25%
27 Persentase  minimal  dari  jumlah  dosen  tetap  dengan  pendidikan  Magister (S2) dengan total jumlah dosen tetap 100%
28 Dosen yang bersertifikasi pendidik 60%
20 Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti Pekerti 40%
30 Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti AA 40%
31 Persentase minimal dari jumlah dosen yang telah mengikuti SCL 60%
32 Persentase  minimal  dari  jumlah  dosen  yang  telah  mengikuti

e-learning

75%
33 Persentase  minimal  dari  jumlah  dosen  yang  telah  mengikuti

pelatihan penulisan buku ajar

60%
34 Persentase  minimal  dari  jumlah  dosen  yang  telah  mengikuti

pelatihan pengembangan media pembelajaran

60%
35 Persentase jumlah dosen tidak tetap dengan keseluruhan dosen 5 %
36 Partisipasi  dosen  dalam  kegiatan  seminar  maksimal 4  kali  dalam setahun 50%
37 Persentase indeks kinerja dosen minimal nilainya baik 80%
38 Persentase  indeks  kinerja  tenaga  kependidikan  minimal  nilainya Baik 80%
39 Jumlah tenaga kependidikan dengan minimal pendidikan D3/S1 per program studi 75%
40 Jumlah laboran setiap jenis laboratorium di program studi 100%
41 Jumlah minimal pustakawan dengan pendidikan D3/S1 100%
42 Persentase  minimal  dari  jumlah  tenaga  kependidikan  yang

berpendidikan S1 terhadap total tenaga kependidikan

75%
E.      Mahasiswa dan Lulusan
43 Minimal jumlah propinsi asal mahasiswa di Program Studi 5
44 Persentase IPK Lulusan:

Diploma/Sarjana (> 3,00)

Pascasarjana (>3,50)

 

20 %
45 Masa Studi Lulusan:

Diploma 3 (3 tahun)

Strata 1 (4 tahun)

 

50 %

75%

46 Persentase masa tunggu lulusan < 6 bulan 40%
47 Persentase mahasiswa DO atau mengundurkan diri 5 %
48 Persentase angka efisiensi edukasi (AEE) 100%
49 Persentase  lulusan yang memiliki TOEFL minimal 450 non Bahasa Inggris dan 500 Bahasa Inggris 25%
50 Persentase  lulusan  yang  memiliki  kemampuan  AIK  dengan  nilai baik 90%
51 Persentase  lulusan  yang  memiliki  jiwa  entrepeneur  dengan  nilai baik 25%
52 Persentase  minimal  dari  mahasiswa  yang  aktif  di  UKM  terhadap total jumlah mahasiswa 25%
53 Persentase  minimal    jumlah  mahasiswa  yang  terlibat/aktif  dalam penelitian dosen 5%
54 Persentase minimal  jumlah mahasiswa  asing  yang  sedang  studi  di program studi 1%
55 Rata-rata jumlah mahasiswa program studi 350
56 Jumlah keseluruhan mahasiswa 10000
57 Jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional 2%
58 Jumlah prestasi mahasiswa tingkat internasonal 1 %
59 Jumlah prestasi mahasiswa tingkat provinsi/wilayah 1%
60 Tingkat keketatan mahasiswa baru 85%
61 Jumlah mahasiswa baru 1000
F.      Sarana dan Prasarana
62 Persentase  minimal    ruang  kelas    dengan  perlengkapan  LCD

proyektor

100%
63 Persentase minimal ruang kelas dengan yang sudah dilengkapi AC 100%
64 Peralatan  utama  praktikum  bagi  mahasiswa  yang  terpenuhi  untuk setiap program studi 80%
65 Luas ruang praktikum  (2 m2 per mahasiswa) 75%
66 Jumlah  ruang  kelas  yang  memiliki  standar  ukuran  2  m2

Per mahasiswa

100%
67 Jumlah ruang dosen yang memiliki standar ukuran 4 m2 per dosen 45%
68 Jumlah  ruang  kerja  tenaga  kependidikan  yang  memiliki  standar 4 m2  per tenaga kependidikan 75%
69 Ketersediaan fasilitas umum (taman, fasilitas UKM, dll.) 100%
70 Ketersediaan keluasan ruang seminar dan rapat 100%
71 Persentase  minimal  dari  ketersediaan  fasilitas  bagi  kaum  difabel terhadap kebutuhan 15%
72 Persentase minimal dari ketersediaan alat pemadam ringan (APAR) terhadap  kebutuhan 25%
73 Ketersediaan  fasilitas  internet  dan Wi-Fi   di  lingkungan  program studi 100%
74 Jumlah minimal koleksi judul buku teks/ajar per program studi 500
75 Jumlah minimal judul koleksi jurnal terakreditasi per program studi 21
76 Jumlah minimal judul koleksi jurnal internasional per program studi 21
G.    Suasana Akademik
77 Persentase  minimal  jumlah  kegiatan  penelitian  yang  melibatkan mahasiswa dengan total kegiatan penelitian dosen 5 %
78 Jumlah  minimal  kegiatan  seminar  ilmiah  yang  diselenggarakan dosen setiap tahunnya 40%
79 Jumlah  minimal  kegiatan  seminar  ilmiah  yang  diselenggarakan mahasiswa dalam setiap tahunnya 21
80 Jumlah  publikasi  ilmiah  yang  melibatkan  mahasiswa  sebagai

penulis utama atau anggota dalam setahun

25
81 Jumlah  minimal  kegiatan  lokakarya, workshop, dan bedah buku yang  diselenggarakan mahasiswa dalam setiap tahunnya 5
H.    Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
82 Persentase jumlah penelitian dosen dari jumlah total dosen 75%
83 Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam tingkat jurnal internasional 25
84 Jumlah minimal publikasi ilmiah  dalam tingkat jurnal nasional 50
85 Jumlah minimal publikasi ilmiah  dalam jurnal tidak terakreditasi 50
86 Jumlah minimal publikasi ilmiah  dalam  bentuk  buku ajar/sejenisnya 100
87 Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam seminar internasional/ proceeding 10
88 Jumlah minimal publikasi ilmiah dalam  seminar nasional/proceeding 15
89 Jumlah  minimal  pengabdian  masyarakat  dosen/mahasiswa  setiap tahun 50
90 Karya dosen yang mendapatkan HAKI 5
91 Karya dosen yang disitasi oleh lembaga sitasi (scopus) dan lainnya 5
92 Jumlah dana penelitian per dosen per tahun (dalam juta) 5
93 Jumlah  dana  pengabdian  masyarakat  per  dosen  per  tahun  (dalam juta) 2,5
I.       Sistem Informasi
94 Fasilitas e-learning 75%
95 Fasilitas digital library 75%
96 Kapasitas internet per mahasiswa (dalam satuan bandwith) 75%
97 Ketersediaan sistem informasi administrasi akademik dan umum 100%
98 Ketersediaan sistem informasi sarana prasarana (aset) 100%
99 Ketersediaan sistem informasi kepegawaian 100%
100 Ketersediaan sistem informasi keuangan 100%
101 Ketersediaan online system (LAN) 100%
102 Ketersediaan Online Journal Sistem (OJS) 23
Kerjasama Dalam dan Luar Negeri
103 Jumlah kerja sama dalam negeri 100
104 Jumlah kerja sama luar negeri 10

 

Ditetapkan di  :  Mataram

Pada tanggal  : 17 Shafar   1436

10 Desember 2013

Rektor,

 

 

Drs. Mustamin H. Idris, MS