Program Studi Pendidikan Matematika telah mengadakan pelatihan software Jeffreys’s Amazing Statistics Program atau sering disingkat JASP. Pelatihan ini dihadiri oleh 13 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI). Materi pertama tentang “Pengertian Hipotesis Penelitian serta Formula yang digunakan” telah disampaikan oleh Vera Mandailina, M.Pd selaku dosen pengampuh mata kuliah Statistika Pendidikan. Selanjutnya, untuk pembahasan “Teknik Analisa Data Menggunakan Software JASP” telah disampaikan oleh Syaharuddin, M.Si.

Kegiatan berlangsung dengan seksama dan antusias mahasiswa cukup tinggi untuk bisa mengoperasikan software JASP yang menurut informasi bahwa software ini lebih lengkap dan lebih mudah dari software SPSS. Karena JASP merupakan software analisis statistik gratis (open-source) dengan 24 fitur utama yakni Descriptives, T-Tests, ANOVA, Mixed Models, Regression, Frequences, Factor, Machine Learning, Meta-Analysis, SEM, Audit, Bain, Distributions, Equivalence T-Tests, JAGS, Nerwork, Realibity, Summary Statistics, Visual Modelling, Learnr Bayer, dan R (Beta).

Pada pelatihan ini hanya dipresentasikan tentang 3 fitur saja yakni (1) Descriptives untuk visualisasi ukuran pusat, letak, dan sebaran; (2) T-Test untuk uji komparasi, dan (2) Regression untuk uji korelasi. Kegiatan dilakukan dengan tiga tahap yakni (1) penyampaian materi, (2) praktik termasuk instalasi software JASP, dan (3) evaluasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *